Rabu, 26 Juli 2017

Kenapa Babi di Ciptakan Allah dan Haram Didalam Islam?

Assalamu'alaikum Wr Wb, pada kesempatan kali ini saya akan membahas pertanyaan umum yang pada umumnya ditanyakan oleh umat Non-muslim, contohnya "Kenapa Babi ga boleh dimakan?" , "Kenapa orang islam gak boleh makan Babi?" , "Kenapa Babi di Ciptakan Allah dan Haram Didalam Islam?" , "Kalo daging babi haram, bagaimana dengan minyak babi apakah haram?"

Kenapa Babi di Ciptakan Allah dan Haram Didalam Islam?

Saya akan menjawab pertanyaan yang lumrah tersebut, dari dalil dan ayat yang ada di dalam Al Qur'an dan Hadist.


Dalil Larangan Makan Babi didalam Al Qur'an

Allah menciptakan segala sesuatu yang ada didunia ini pastilah ada tujuan dan maksud tertentu yang kita sebagai salah satu makhluk ciptaannya tidak mengetahui.

Allah Ta'ala berfirman didalam Al Qur'an Surah Al Baqarah:
"Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."
[QS. Al- Baqarah: 173]

Dari sisi penjelasan ayat tersebut sebenarnya sudah jelas apa yang diharamkan oleh Allah, bukan hanya Babi saja yang diharamkan namun juga Bangkai, Darah dan Binatang yang di sembelih menyebut nama selain Allah.

Larangan makan bangkai, darah, daging babi dan hewan lain yang disembah menyebut nama selain allah juga di ulangi oleh allah didalam Al Qur'an Surah Al Maidah:
"Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."
[QS. Al- Maidah: 3]

Selain itu Larangan tersebut juga disebutkan oleh Al Qur'an Surah Al-An'am:
Katakanlah: "Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi -- karena sesungguhnya semua itu kotor -- atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah. Barangsiapa yang dalam keadaan terpaksa, sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang".
[QS. Al-An'am: 145]

Lalu diulang lagi Larangan tersebut didalam Al Qur'an Surah An Nahl
Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan atasmu (memakan) bangkai, darah, daging babi dan apa yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah; tetapi barangsiapa yang terpaksa memakannya dengan tidak menganiaya dan tidak pula melampaui batas, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
[QS. An Nahl: 115]

Jadi terdapat 4 ayat yang diulang secara jelas didalam Al Qur'an tentang larangan Haramnya Daging Babi yang pertama di Surah Al Baqarah ayat 173, lalu di ulang di surah Al Maidah ayat 3, lalu di tegaskan didalam Surah Al An'am ayat 145, dan yang terakhir didalam Surah An Nahl ayat 115.

Dalil Larangan Makan Babi didalam Hadits

Perintah di Al Qur'an tentang pengharaman tersebut sudah sangat jelas, lalu bagaimana penjelasannya didalam Hadits. Mari kita simak beberapa Hadits yang saya dapatkan tentang Haramnya Babi.

"Sesungguhnya Allah telah mengharamkan khamr dan hasil penjualannya dan mengharamkan bangkai dan hasil penjualannya serta mengharamkan babi dan hasil penjualannya."
[HR. Abu Daud]

Pertanyaannya kenapa Babi diharamkan?

Oke simak beberapa dalil yang ada Al Qur'an seperti di Surah:

"Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk"
[QS. Al A'raf : 157]

Dari ayat Al Qur'an diatas dapat disimpulkan bahwa yang diharamkan pastilah sesuatu yang buruk, oke mari kita simak ayat selanjutnya yang sudah di sebutkan diatas juga..

Katakanlah: "Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi -- karena sesungguhnya semua itu "kotor" -- atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah. Barangsiapa yang dalam keadaan terpaksa, sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang".
[QS. Al-An'am: 145]

Kalau kita baca Surah Al An'am terdapat kalimat "Karena sesungguhnya semua itu 'kotor', ". Kata kotor pada bahasa arab yaitu "rijjsun" dapat diindikasikan bahwa ia haram dimakan karena berbahaya dan menjijikkan.

Baca: Bahaya makan Babi, fakta ilmiah dan medis.

Dari semua bahaya dan pengharaman daging babi, allah menciptakan segala sesuatunya pastilah mempunyai manfaat, namun pengetahuan manusialah yang belum mengetahui.

Seperti kutipan didalam Al Qur'an:

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,
(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.
[QS. Ali 'Imran: 190-191]

Baca: Makhluk ciptaan Allah yang kecil namun berjuta manfaat.

Jawaban Logika Kenapa Babi di Ciptakan Allah dan Haram Didalam Islam

Kita buat perumpamaan dari kalimat tanya: "Kenapa Babi di Ciptakan Allah dan Haram Didalam Islam?"

Sama halnya pertanyaan: "Kenapa Iblis di Ciptakan Allah?" , "Kenapa buah kuldi didalam surga diharamkan?" , "Kenapa allah menciptakan nyamuk?"

"Kenapa allah menciptakan buah yang dapat memabukan manusia seperti anggur, dan malah mengharamkan mabuk-mabukan?"

"Kenapa Allah menciptakan ganja dan malah mengharamkannya didalam islam?"

Intinya semua yang diciptakan oleh allah pasti punya segudang manfaat, dan allah juga menciptakan hal buruk dan mengharamkannya, itu semua mutlak dari allah. Kita semua sebagai manusia yang diberi akal untuk berfikir tinggal memilih, mau hal baik atau malah hal yang buruk.
Kenapa Babi di Ciptakan Allah dan Haram Didalam Islam?
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

Have a quetion?